Search This Blog

KONSEP DAN MODEL PEMBANGUNAN KURIKULUM, Zainal Arifin

Jika Anda ingin membangun suatu bangsa, maka bangunlah yang pertama sistem pendidikannya, dan jika Anda ingin membangun pendidikan, maka bangunlah yang pertama sistem kurikulumnya. Pernyataan ini perlu dikemukakan karena ada dua alasan penting. Pertama, kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, karena itu kurikulum mutlak harus ada. Kedua, kurikulum pada hakikatnya merupakan ilmu tentang proses mencerdaskan anak bangsa agar ia bermakna bagi kehidupannya, baik sebagai individu, anggota keluarga, anggota masyarakat maupun sebagai warga negara bangsanya, karena itu kurikulum sebagai disiplin ilmu wajib dipelajari oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, apalagi orang tersebut adalah calon guru atau sudah menjadi guru. Ilmu kurikulum bukan ilmu “kira-kira”, kira-kira begini atau kira-kira begitu. Kurikulum harus dipelajari secara ilmiah, baik secara teoritis maupun praktis dengan berbagai dimensinya, seperti konsep, teori, prinsip, prosedur, komponen, pendekatan, model, evaluasi sampai dengan inovasi kurikulum. Untuk itu, dalam buku ini penulis mencoba menyajikan berbagai dimensi tersebut sesuai dengan pengalaman penulis, baik sebagai tenaga edukatif di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan maupun sebagai peneliti di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pendidikan dan Kurikulum.

INFO BUKU

Judul : Konsep Dan Model Pembangunan Kurikulum
Penulis: Drs. Zainal Arifin, M.Pd.
Penerbit: Rosda
Edisi: 2011
Halaman: 332
Ukuran: 16 x 24 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Harga: Rp. 68.000 Rp. 60.000
Call No:

No comments:

Post a Comment