Search This Blog

MODEL EVALUASI DASAR BERORIENTASI AKUNTABILITAS, Furqon

Layanan dasar merupakan salah satu layanan dalam program bimbingan dan konseling yang penting. Bahkan, dalam kurikulum 2013, disebutkan alokasi waktu 2 jam per minggu dalam rangka implementasi layanan dasar tersebut. Agar layanan dasar dapat diselenggarakan dengan mutu yang baik, maka implementasi perlu diikuti dengan evaluasi yang mangkus (manjur). Untuk itu, model evaluasi layanan dasar berorientasi akuntabilitas (MELDBA) menjadi salah satu alternatif model evaluasi yang dapat dijadikan panduan dalam melakukan evaluasi. MELDBA merupakan model yang dikonstruksi berdasarkan model evaluasi program yang dikembangkan oleh Gysbers & Henderson, Astramovich, Dimmit, Lapan, Dahir & Stone, serta Stufflebeam.

MELDBA memberikan fokus evaluasi pada empat (4) aspek, meliputi: perencanaan, proses, hasil, dan dampak. Aspek perencanaan merupakan aspek evaluasi ketika program masih berbentuk perencanaan. Aspek proses merupakan aspek pelaksanaan program yang ditelaah secara berkelanjutan sehingga program terlaksana secara efektif. Aspek hasil merupakan output dari program yaitu pencapaian tujuan layanan. Aspek terakhir adalah dampak, aspek ini merupakan dampak dari program bimbingan terhadap pencapaian hasil belajar siswa. MELDBA dilakukan secara berkelanjutan mulai dari evaluasi perencanaan, proses, hasil, serta dampak. Hasil evaluasi pada setiap aspek kemudian diinformasikan kepada stakeholder yang berkepentingan.

INFO BUKU

Judul: Model evaluasi Dasar Berorientasi Akuntanbilitas
Penulis: Prof. Furqon, M.A., Ph. D.; Dr. Aip Badrujaman, M.Pd.
Penerbit: Indeks
Edisi: 2014
Halaman: 126
Ukuran: 17.6 x 25 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Harga: Rp. 55.000 Rp. 48.500
Call No:

No comments:

Post a Comment