Search This Blog

GAMBAR GUA-GUA PRASEJARAH, R. Cecep Eka Permana

Gambar tangan (hand stencil) merupakan salah satu bentuk gambar gua (rock art) yang banyak ditemukan pada situs-situs gua prasejarah dari masa paleolitik dan/ atau mesolitik di seluruh dunia. Di Indonesia, gambar tangan tersebut ditemukan di Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua. Khusus temuan gambar tangan di Sulawesi Selatan banyak dijumpai pada kawasan Situs Gua Prasejarah Maros-Pangkep.

Buku Gambar Gua-Gua Prasejarah ini mengkaji lebih dari 500 gambar tangan dari berbagai situs gua prasejarah di Kabupaten Pangkep dan Maros, Sulawei Selatan. Terdapat beragam bentuk, ukuran, dan letak gambar tangan. Dari berbagai variasi gambar tangan tersebut diketahui bahwa terdapat suatu pola gambar yang khas. Pola yang terbentuk itu menunjukkan masyarakat pendukung kebudayaan tersebut memiliki pandangan normatif tertentu mengenai budaya gambar tangan.

INFO BUKU

Judul: Gambar Gua-Gua Prasejarah
Penulis: R Cecep Eka Permana 
Penerbit: Wedatama Widya Sastra
Edisi: 2014
Halaman: 317
Ukuran: 14 x 20 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Baru
Harga: Rp. 65.000 Rp. 57.200
LIHAT BUKU SEJARAH LAINYA >>

No comments:

Post a Comment