Search This Blog

TEORI-TEORI KOMUNIKASI DALAM PENGARUH PSIKOLOGI, Ilya R. Sunarwinadi

Buku ini pada dasarnya membahas teori dan paraktik komunikasi sosial tetapi bersifat transdisiplin ilmu karena berkaitan dengan teori psikologi, perilaku, dan aspek sosial budaya yang luas.

Dr. Inge Hutagalung memulainya dengan membahas komunikasi dalam perspektif akar disiplin ilmu dan interdisiplin berbagai ilmu.

Buku ini membahas lebih dalam berbagai aliran ilmu dan teori, yeng bermakna bagi mahasiswa, akademisi maupun pecinta ilmu komunikasi (teori akomodasi, teori interaksi adaptasi, teori-teori kognitif, dan sebagainya). Pembahasannya cukup lengkap, sehingga berguna bagi para pembaca yang menyukai ilmu komunikasi.

Pada sisi praktis,buku ini juga menjabarkan bagaimana seharusnya melakukan persuasi yang baik dalam suatu komunikasi (Bab 5). Dalam bab ini dibahas masalah komunikasi dan budaya, yakni bagaimana pengaruh budaya terhadap proses kognitif.

Prof. Dr. Didik j. Rachbini Guru Besar/Direktur Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana

Disiplin ilmu psikologi memengaruhi ilmu komunikasi karena objek pembahasan dari psikologi adalah individu. Komunikasi pada dasarnya adalah proses mental dan perilaku yang bersal dari pribadi seorang. Perspektif dari disiplin ilmu psikologi melihat komunikasi sebagai proses individual yang melibatkan mental dan prilaku individu.

Terdapat beberapa aliran dalam psikologi yang memberikan sumbangan pada teori-teori komunikasi. Secara lugas, buku ini telah memaparkan sumbangan dari tiga aliran dalam psikologi yang telah memberikan sumbangan besar bagi perkembangan teori-teori komunikasi, seperti faktor psikologi yang memengaruhi pemrosesan pesan, proses apa yang terjadi ketika seorang memroses suatu pesan untuk disampaikan kepada orang lain. Buku ini juga membahas tantang proses penerimaan pesan, menganaliasis faktor-faktor individual (personal) yang memengaruhi dan menjelaskan berbagai karakteristik komunikan ketika berkomunikasi baik pada lingkup interpersonal, kelompok atau massa.

Kiranya pemikiran mendalam dan mendasar dari buku ini dapat menjadi pencerah dari sebuah upaya memahami pengaruh psikologi pada teori-teori komunikasi.
Dr. Eriyanto, M.Si Peneliti media dan Opini Publik

INFO BUKU

Judul: Teori-Teori Komunikasi Dalam Pengaruh Psikologi
Penulis: Prof. Dr. Ilya R. Sunarwinadi, M.Si
Penerbit: Indeks
Edisi: 2015
Halaman: 197
Ukuran: 17.5 x 25 cm
Sampul: Soft Cover
Bahasa: Indonesia
Kondisi: Buku Beru
Harga: Rp. 68.000 58.000
Call No: 070/Hut/t

No comments:

Post a Comment