Search This Blog

CSR UNTUK PENGUATAN KOHESI SOSIAL, Mulya Amri dan Wicaksono Sarosa

Judul/Title: CSR UNTUK PENGUATAN KOHESI SOSIAL
Penulis/Author: Mulya Amri & Wicaksono Sarosa
Penerbit/Publisher: Indonesia Bussiness Link
Edisi/Edition: 2008
Halaman/Pages: 106
Dimensi/Dimension: 15.5 x 23 x 0.5cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Disewa/Rent
Harga Jual/Sale Price: Rp. 40.000
Call No.: 361.7/Amr/c/C.1
Status: Ada/Available

***
Program-Program yang berhasil adalah yang memang dibutuhkan oleh masyarakat, dan karena masyarakat lebih mengetahui apa yang mereka butuhkan, proses penyusunan program-program tersebut harus lebih melibatkan wakil-wakil dari masyarakat. Pelihatan ini bisa dalam berbagai bentuk maupun dengan berbagai tingkat intensitas keterlibatan yang berbeda-beda sesuai dengan situasi spesifik yang dihadapi oleh program tersebut.

Keterkaitan antara jenis program atau kegiatan CSR dan jenis usaha bukan merupakan suatu hal yang mutlak. Bisa saja terdapat berbagai kegiatan CSR yang sama sekali tidak terkait dengan kegiatan usaha. Namun jika terdapat keterkaitan yang cukup erat (seperti Bogasari Baking Centers maupun Community Fiber Farms yang didukung oleh Riapulp) maka semangat bahwa "keberlangsungan usaha juga terkait dengan keberlangsungan sosial masyarakat sekitar" dapat membuat kegiatan CSR terkait menjadi terasa lebih penting dimata pelaku didalam perusahaan. Meskipun demikian, harus dijaga agar kegiatan CSR tersebut tetap terlepas dari motif-motif keuntungan yang dapat mengurangi nilai sosial kegiatan CSR tersebut.

No comments:

Post a Comment